Wednesday, August 21, 2013

Indonesia Belum Merdeka.

17 Agustus kemarin, baru aja negara kita ngerayain 68 tahun kemerdekaan Indonesia. Tapi kenapa kali ini judul blog gw "Indonesia Belum Merdeka"?

Yap, karena menurut gw Indonesia belum merdeka. Gw ngerasa kehidupan gw belum merdeka. Gw ngerasa seperti ini karena susahnya mencari pekerjaan.

Senin kemarin, tanggal 19 Agustus akhirnya gw di telfon sama suatu perusahaan coffee store yang sebelumnya gw udah interview. Akhirnya yang gw tunggu-tunggu telfon gw. 

Perasaan gw? Seneng banget awalnya. Udah lama gw mau kerja disitu, pengen banget ngerasain jadi barista. Seperti biasa Mba itu telfon gw buat nanya-soal kuliah dan jadwal gw. Dia juga memperjelas pekerjaannya.

Mba itu bilang gw mau di tempatin di lippo mall kemang, karena disitu lagi butuh staff. Alhamdulillah deket. Seharusnya tanggal 20 kemarin gw harusnya dateng ke kantornya di wr.buncit, sekalian untuk ketemu sama store managernya. Kurang lebih seperti ini conversationnya;

A : Kamu akan di tempatin di store di lippo mall kemang yaa Ay, bisakan kalau dari rumah atau kampus kamu?
B : oh iya bisa mba, bisa banget.
A : okay, kalau begitu besok kamu ke office yang di wr.buncit yaa, sekalian untuk ketemu store managernya.

Yaampun gw seneng banget pas itu, tapi setelah gw memperjelas keadaan gw ke mba-mba yang telfon itu sebelum nutup telfonnya...

B : tapi Mba, sekarang saya berjilbab. Gapapa ga Mba?

Tentu gw harus kasih tau itu, karena as interview gw belum berjilbab, dan selama ini gw pun belum pernah ngeliat barista di perusahaan itu yang berjilbab. Dan jawabannya...

A : oh kamu sekarang berjilbab yaa. Hmm gini deh, aku konfirmasi dulu, nanti untuk lebih jelasnya aku hubungin kamu lagi yaa Aya.

Dan selasa kemarin, tanggal 20 Agustus seharian gw tunggu kabar dari perusahaan itu, tapi hasilnya nihil. yang telfon malah temwn gw yang nanyain jalan. Untung gw jelasin kalau sekarang gw udah berhijab, coba kalau ngga pas sampe sana gw di suruh pulang kan lumayan ngenes. 

Kenapa langsung berubah pikiran setelah gw bilang gw berjilbab? Apa karena dia perusahaan dari luar negeri? Tapi mereka taro store di Indonesia, yang udah jelas Indonesia itu beragam budaya dan agama. Ada yang salah dengan mempekerjakan wanita berjilbab? Menurut gw peraturan itu ga etis untuk di Indonesia. Orang kerja berdasarkan skill, bukan fisik. 

Gw juga suka mikir soal pekerjaan seperti SPG. Dulu gw sering ikut interview jadi SPG suatu brand atau apapun, tapi selalu gagal di bagian scanning, karena tinggi dan berat badan, dan rambut gw yang pendek. Padahal kerjanya itu harusnya memasarkan, menjual, apa hubungannya dengan fisik? Supaya orang-orang lebih tertarik? Tertarik akan apa? Badan kita atau barang yang kita jual? 

Padahal ga semua orang cantik berskill juga. Gw pernah dapet kerja dari Uwa gw buat jadi SPG waktu di event yang Uwa gw bikin, gw kerja bareng SPG-SPG cantik yang badannya bagus. Waktu kerja kit berinteraksi sama orang luar rata-rata, tpi SPG yang ikut kerja itu malah ga bisa bahasa Inggris. See?

Ternyata ga semua orang bisa dapat kesempatan buat kerja karena fisik, ataupun karena kepercayaan akan agamanya. Kenapa di Indonesia ga semua orang bisa terima budaya timur yang beragam budaya dan agamanya  seperti kita menerima apa adanya budaya barat? Apa cuman gw yang berpikiran seperti ini?

Asumsi gw, Indonesia belum merdeka.

Sekian~

Friday, August 16, 2013

HAPPY BIRTHDAY WILMA MAHARANI!

Tanggal 15 Agustus kemarin sahabat gw yang paling kurus itu ulang tahun yang ke 21. selamat tua yaa Gendooot! Alhamdulillah tahun ini bisa ikut kasih surprise Ima. Udah 684684027 tahun ga ikut kasih surprise Ima. Lamakan? Sebenernya temen gw itu umurnya berapa sih?!

Awalnya ga ada rencana ikut kasih surprise. Malahan gw lupa tanggal. Di camkan yaa, lupa tanggal bukan lupa tanggal ulang tahun si Ima loh. Dari hari senin Ima sama Hana udah ngajak ke rumah Ima hari rabu. Oh iya bagi yang ga kenal Hana, dia itu salah satu sahabat gw di SMP. Orangnya tuh yaa mau gendut juga cantik banget, cantiknya macam Raissa deh. *sembahHana

Kembali ke ulang tahun Ima. Rencana awal gw sama Hana hari Rabu cuman mau temenin Ima ke Pim terus main ke rumah Ima. Tapi si cantik Hana kasih ide kita main di rumah Ima sampe malem buat ikut kasih surprise Ima. Itu kalau Hana ga ngajak ikut kasih surprise gw beneran skip lupa kalau besokanya Ima ulang tahun. *sungkem Ima, maapin yaa Ima. Sebenernya gw di suruh Nanan buat bawa telur, karena rencananya kita mau ceplokin Ima. *sekarang sungkem Nanan, maapin ga bisa beli telur. Gimana mau beli telur, gw ketemu Ima aja di Bamboo Dimsum, masa telor seplastik gw bawa-bawa ke tempat makan.

Akhirnya gw sama Hana abis dari Bamboo Dimsum main ke rumah Ima. Ima gatau gw sama Hana berencana buat nginep. Sampe rumah Ima Hana mulai minjem baju rumah Ima dengan cara :
"Imaaa, pinjem baju sama celana rumah dong buat rebah-rebahan hehehe"
Hana pinter deh! Akhirnya gw ikutan deeeeeh. Sampe dapet legging yang ga cukup. Asli itu bukan salah gw. Leggingnya pasti buat anak kecil bukan legging buat anak umur 21 tahun. Bener deh!

Gw sama Hana leha-leha di kamar Ima, sambil nunggu Ima keluar sebentar beli makanan anjing sama Omnya yang katanya mah di Santa, tapi setengah jam ga pulang-pulang. Ga lama Ima ngasih kabar lewat Nanan kalo Ima ternyata ke Grabdlucky nemenin Omnya beli makanan juga. --

Gw sama Hana sampe ketiduran sampe aakhirnya Ima pulang. Pulang-pulang minta temenin nonton Mama di dvd. Kita bertiga nonton dvd Mama, tapi apa daya mata gw menutup seketika. *Sungkem Ima sama Hana maapin Ayanya ketiduran. Selama gw tidur gw selalu kebangun denger beberapa jeritan dari Hana sama Ima. Ampoon dah. --

Akhirnya gw di bangunin Ima buat nemenin ke depan karena ada temen kampusnya yang dateng. Pas gw liat jam ternyata udah jam 00.07. Bablas 7 menit buat kasih selamat Ima. *sungkem Ima lagi, untung masih edisi lebarang jadi gapapa minta maaf terus-terusan. Akhirnya gw Hana nemenin Ima keluar lewat pintu depan yang isinya ada 9 anjing Ima. 6 berkeliaran dan 3 di kandang. Hasilnya pas keluar gw Ima Hanan di kerubutin 6 anjing Ima. Yassalaaaaaam--

Ga lama pas lagi ngobrol di depan rumah Ima sama temen kampus Ima tiba ada bayangan beberapa orang yang keliatan terang-terang bawa lilin, gw dan Hana udah yakin itu temen-temen trigunanya tapi Ima ngira itu Bapake. Ternyata bener ada Wico, Arika, Nanan, Navy sama pacarnya yang dateng bawa kue ke depan. Yeaaaayyy HAPPY BIRTHDAY IMA!!!

Akhirnya temen kampus Ima pulang, gw dan yang lain masuk lagi ke dalem, belum masuk ke dalem rumah, dari pintu ternyata udah ada Mangap, Anggi, sama Zulham yang udah stand by buat kasih Ima hadiah. Akhirnya telor tepung dan teman-temanya terbang dari tangan para lelaki. Hadiahnya bagus, mereka berhasil bikin Ima jadi adonan tempe mendoan, ga lupa minyak jelantah dari rumah Arika. Sabar yaa Ima~ :p

Adonan tempe mendoan.


Akhirnya Ima sama Navy mandi abis dapet hadiah dari temen-temennya. Kenapa Navy ikut mandi? Faktanya dari anak-anak triguna, siapapun yang ulang tahun siapapun yang di ceplokin Navy selalu kena. Kemarin Navy kenap tepung dan sedikit telur. Kemarin ternyata Navy masih beruntung, sebelumnya Navy pernah kena getahnya, dan lebih parah daripada yang ulang tahun.--

Abis Ima mandi kita semua foto-foto. Lucunya mau foto aja kita milih siapa yang mau fotoin dari muter korek. Saking semuanya mau di foto.~ Sampe akhirnya Nanan juga kena buat fotoin kita, jarang banget Nanan mau fotoin, biasanya Nanan gamau kalau ga ada di foto. Selamat Nanan~

Foto atas hasil Nanan, dan yang bawah hasil Anggi.


Abis kasih suprise, foto, dan ngobrol-ngobrol, mereke tim kasih suprise akhirnya pulang. Gw Ima sama Hana bisa istirahat. Besok paginya kita dapet sarapan enak dari Mba kesayangan, Mba Neneng. Mba Neneng tuh pembantunya Ima yang ga ada duanya. Gw kenal Mba Neneng dari SMP. Sampe sekarang Mba Neneng selalu jadi yang paling the best deh. HIDUP MBA NENENG!

Abis sarapan, sama kasih makan ke anjing-anjing Ima yang nyeremin tapi ngangenin, terus gw mandi, akhirnya gw sama Ima pergi ke makam Pak Ayo di Tanah Kusir. Hana ga ikut karena Hana harus langsung pulang. Dari tanah kusir gw harus misah sama Ima, gw harus ke jenguk temen gw yang paling alay. Dan Ima harus bener-bener ke salon. Karena dia udah keramas 4x masih aja ada tepung di kepalanya. Hihihihi

Assalamualaikum Pak Ayo.


Pokoknya happy birthday Sahabatku. Semoga panjang umur, sehat terus, murah rezeki, enteng jodoh, sukses dunia akhirat, bisa kurus, dan tememnmu yang ini juga bisa jadi kurus, kita berdua makin cantik, sahabtmu ini bisa nikah cepet. Amin! Yaa anggep aja kamu juga doain aku yaa Lo.~ :P

Mereke selalu jadi favorit!

We love you Ima, and we always will...


Tuesday, August 6, 2013

Terlalu Manis Untuk Di Lupakan #bukber82010

Hampir 2 tahun ga ketemu anak-anak patra 2010. Terakhir ketemu bukber 2 tahun lalu di rumah Bima. Dan akhirnya tahun ini, tepatnya kemarin malem, jadi juga bukber patra. Padahal waktu mepet, H-1 tempat masihh ngawang, namanya kangen tetep jadiin. Saking kangennya, ada temen gw, sampe mundurin tiket pesawat buat mudiknya. Hidup Bos Kentung!

Alhamdulillah ada Kikik yang mau nyediain tempat bukber. Makasih yaa Kikik rumahnya mau di berantakin. Sayangnya, ga semua bisa dateng. Yaa wajar sih, sebagian banyak yang udah mudik, dan ada juga yang udah punya acara duluan. Dan ada juga yang mager yaa. Klo disuruh sebutin siapa aja yang dateng, yaa pokoknya rame.

Yang ga dateng nyesel.


Udah hampir 2 tahun ga ketemu omongannya udah beda. 2 tahun yang lalu masih ngomongin soal awal-awal kuliah, apalagi gw 2 tahun yang lalu baru mau masuk kuliah. 2 tahun yang lalu masih cerita saol dosen-dosen sama tugas-tugas bejibun dari dosen. Kemarin malem bahasnya udah kerjaan, tempat magang, sampe udah ada yang bisnis. Pokoknya bahasan kemarin soal masa depan deh. Makin kerasa tuanya kemarin malem~

Omongan boleh deh masa depan, tapi candaannya belum pada bisa move on, masih masa lalu. Dari aib, lawakan, soal mantan, sampe sejarah cerita cinta gacin anak-anak. Emang kalo ketemu sm temen lama harus kuat mental buat ngulang aib-aib dulu daaaaaah. Apalgi ada Bion yang ngoleksi bahan cakan anak-anak patra. Huehehehe

Kemarin hampir semua yang dateng kena ejekan. Kaya Diva yang sekarang gendutan banget dan buncit, sampe-sampe muka Kurt Cobain yang ada di lengannya Diva ikutan gempal. Ada juga awkward moment Idham Japra dan Bayu. Terus yaa gw juga kena karena ada Oyong (lagu lama banget~) dan ledekan-ledekan karena gw berhijab, kaya "Bunda Dorce" "Bu Haji" sampe "Kerdus" karena seneng banget ngeledekin anak-anak -_-. Dan yang paling seru sih cerita gacin Bos Kentung sama si Sheila. Ga ada abisnya itu cerita gacin. Tapi Kentung ga nyesel mundurin tiket mudiknya. IYALAH, AKHIRNYA KENTUNG FOTO BERDUA SAMA SHEILA!

"Semua indah pada waktunya yaa Bos"


Selama di patra, Kentung cinta mati sm Sheila. Kentung itu secret admirernya Sheila, sampe akhirnya jadi rahasia umum. Mereka jarang banget ngobrol dulu, apalgi foto bareng, yaa paling foto sekelas atau foto seangkatan. Yakali juga kan di crop-in satu-satu muka-muka anak seangkatan. -_-. Awalnya Kentung ngajak foto berdua sama Andri, bilang buat kenang-kenangan. Eh ternyata itu pancingan buat ngajak Sheila foto berdua. SALOOOOOT! Dan tiba-tiba Kentung Sheila macam pasangan selebriti, dan anak-anak berubah jadi kameramen yang foto-fotoin Kentung sama Sheila. Yakin banget tuh foto di jadiin wallpaper hpnya Kentung. Huehehehehe

Ketemu anak-anak 82010 rasanya pengen SMA lagi. Tiap hari dateng pagi, gamau bolos supaya bisa ketemu mereka setiap hari. Atau telat tapi bareng-bareng biar bisa pergi bareng mereka. Nongkrong di wartam tiap pulang sekolah atau malem minggu. Kayanya ga ada bosennya, walopun klo sering ketemu kata-kata yang keluar "Lo lagi lo lagi.". Karena mereka semua tuh ngangenin.

Mudah-mudahan bisa sering ngumpul lagi bareng mereka semua. Bukan cuman setahun sekali, mudah-mudahan lebih sering. Semoga 82010 makin kompak dan semuanya sukses. Penasaran tahun-tahun berikutnya apalagi yang di bahas sama anak-anak. Penasaran siapa yang nikah pertama dari 82010, siapa yang bakal ngasih keponakan pertama buat om-om dan tante-tante 82010. Hihihihihihi

See you soon 82010.

Saturday, August 3, 2013

Rejeki Allah yang Atur.

Kalian, para hijaber. Kalian behijab karena Allahkan? Apa kalian pernah mikir dampak-dampak berjilbab? Atau resiko saat berhijab?

Yao, gw mikir juga tentang itu. Kaya misalnya, saat gw berhijab gw harus ninggalin semua keburukan-keburukan gw yang biasa gw lakuin. Atau gw harus lebih behave, karena gw sedang melakukan kewajiban gw sebagai muslim. Tapi beneran, gw ga pernah sedikitpun kepikiran kalo kita berhijab bakal susah cari kerjaan.

Emang betul, semua pandangan orng dan cara berfikir setiap orang itu beda-beda. Cuman gw ga abis pikir aja salah satu keluarga gw, wanita dan seorang muslim, berpendapat tentang gw berhijab kaya gini;

"Bilang Aya, jangan pake jilbab dulu. Pokoknya jangan. Kan umur masih muda. Lagian nanti susah buat dia cari kerjaan." 

HAAAAAH????!?!?!?!?!?????!?!?

Gini aja deh, pekerjaan itu berati rejeki kita, dan rejeki itu di kasih sm Allah.
Masa kita ngelakuin suatu kewajiban kita ke Allah terus rejeki kita mampet?!
Gw ga percaya soal itu, dan gw sedih dengernya. Sedih karena keluarga gw yg ngomong itu, gw merasa ga di dukung, dan lebih-lebih karena di wanita muslim.

Gw sangat percaya, Allah itu sudah mempersiapkan segalanya. Dan gw ga sedikitpun berubah pikiran untuk berhenti berhijab karena pernyataan itu. Niat gw berhijab itu udah bulet, dan gw berhijab cuman karena Allah. 

Semua orang dapet rejekinya itu berbeda-beda. Sedikit apapun itu, tetep aja rejeki. Yang penting jangan lupa bersyukur. Dan gw sangat berayukur Allah udah kasih gw jalan untuk berhijab. 

Banyak juga perempuan berhijab yang sukses. Sebuah pekerjaan itu bukan tergantung fisiknya aja, tapi lebih ke skill dan kepribadian kita masing-masing. 

Semenjak gw dapet pernyataan yang nyedihin gw malah berniat nunjukin ke dia klo dia itu salah. Suatu saat gw pasti bisa sukses, dengan jalan gw yang tetap berhijab. Amin yaa Allah. Banyak pendapat-pendapat negatif tentang gw berhijab, insyaAllah gw akan tetep terus beristiqamah.

Inget, rejeki sudah ada yang atur, Allah.

Sekian~